Rabu, 06 Maret 2013

HP harus di hilangkan dari sekolah, pro atau kontra ??

Apakah HP hanya memberikan dampak buruk? Fungsi utama dari HP adalah untuk berkomunikasi. HP juga sudah bukan barang mewah atau barang yang langka di kalangan anak sekolah. Baik itu SMP ataupun SMA. Sebenarnya teknologi yang satu ini juga memberikan dampak positif. Hal inilah yang menimbulkan pro dan kontra.
HP bisa dimanfaatkan menjadi “perpustakaan pribadi” dengan adanya koneksi internet didalamnya. Dulu, untuk menggali informasi dari internet kita harus pergi ke warnet atau bergantian di lab komputer sekolah. Namun sekarang cukup pakai HP , informasi internet sudah ditangan.

Bisa pula HP dimanfaatkan sebagai sarana proses pembelajaran dengan cara mengirimkan tugas dari guru ke siswa. Atau pihak sekolah bisa membuat website resmi atau Blog dimana di dalamnya disediakan informasi edukatif dan dapat diakses pakai HP siswa. Guru di sekolah bisa berperan sebagai kontributor dengan menyusun resume bahan ajar yang akan dan atau telah dibahas di ruang kelas. Atau bisa pula dengan cara-cara lainnya
.

Yang menjadi penting disini sebenarnya adalah penanaman pengertian dan etika penggunaan HP di sekolah. Harus diajarkan etika berkomunikasi lewat perangkat canggih ini. Siswa harus tahu kapan Hp boleh di hidupkan, dimatikan, , ataupun kapan harus di “silent”. Untuk memeinimalkan penyalahgunaan HP  di sekolah harus dilakukan pemantauan secara rutin dan berkesinambungan. Apabila pihak sekolah ditemukan penyimpangan dari penggunaan HP, siswa bisa diberi sanksi sesuai pelanggarannnya. Jika pelanggarannya dinilai berat, misal berbau porno atau kriminal, dapat diberi sanksi berat.

Apakah kita harus menilai HP sebagai barang “negatif” yang harus dihindari di sekolah? Tentu tidak. Kita bisa mempelajari dan mencari solusi untuk menekan dampak negatif dan memanfaatkan / menambah dampak positifnya.

Bawa HP ke sekolah menurut saya boleh boleh saja, tapi jangan sampai mengganggu proses belajar mengajar dan bagus lagi kalau bisa mendukung proses belajar mengajar itu sendiri.

Tidak ada komentar:

 

Aldhy Rizal Blak Magik is Designed by productive dreams for smashing magazine Bloggerized by Ipiet
Distributed by Deluxe Templates © 2008